Friday, April 18, 2014



PENDAHULUAN
Bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh ucapan manusia. Menurut kamus besar bahsa Indonesia ,bahasa adalah sistem, lambang bunyi arbitrer yang digunakan oleh sekelompok masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri. Bahasa merupakan symbol yang mengacu kepada sesuatu yang dapat diserap oleh panca indra. Bahasa digunakan sebagai alat komunikasi lingual manusia, baik secara lisan maupun tertulis.  
            Bahasa merupakan salah satu alat yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari . Melalui bahasa, kita dapat menunjukkan sudut pandang kita, pemahaman kita atas suatu hal, asal usul bangsa dan negara kita, pendidikan kita, bahkan sifat kita.
            Bahasa Indonesia adalah bahasa yang terpenting dan wajib digunakan  di kawasan Republik Indonesia ini. Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi Republik Indonesia sebagaimana disebutkan dalam Undang-Undang Dasar RI 1945, Pasal 36 “bahasa Negara ialah bahasa Indonesia”. Ia juga merupakan bahasa persatuan bangsa Indonesia sebagaimana disiratkan dalam Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Selain itu, ditetapkannya bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara pada tanggal 18 Agustus 1945, dinyatakan dalam UUD 1945 bab XV pasal 36.
            Melalui perjalanan sejarah yang panjang, bahasa Indonesia telah mencapai perkembanagan yang luar biasa, baik dari segi jumlah pemakainya, maupun dari segi tata bahasa dan kosakata serta maknanya.
            Di jaman sekarang ini bahasa Indonesia telah menjadi bahasa modern yang digunakan dan dipelajari tidak hanya di seluruh Indonesia tetapi juga di Negara lain. Meski demikian, masih banyak juga penduduk Indonesia yang tidak menggunakannya sebagai bahasa ibu, mereka lebih suka menggunakan bahasa daerahnya masing-masing sebagai bahasa ibu seperti bahasa Makassar, bahasa Mandar, bahasa Jawa, bahasa Bugis, dan bahasa daerah lainnya. Bahkan anak muda jaman sekarang lebih memilih menggunakan bahasa gaul dan juga bahasa Inggris daripada Bahasa Indonesia.


KAJIAN
Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang sudah digunakan oleh Bangsa Indonesia sejak sebelum kemerdekaan Indonesia. Faktor – faktor yang mendorong perkembangan Bahasa Indonesia sejak awal kemerdekaan Bangsa Indonesia telah mengalami perkembangan yang pesat karena di dorong oleh beberapa faktor yaitu :
1.      Bangkitnya semangat kebangsaan Indonesia yang telah mengatasi kedaerahan dan kesukuan
2.      Telah tertibnya kitab”logat melayu” pada tahun 1901 karangan Van Ophuyzen yang di Di gunakan sekolah-sekolah yang mengajarkan bahasa melayu.
3.      Didirinkan comnissie Voor de volkslecture pada tahun 1908 yang kemudian menjadi balai pustaka.hal ini mendorong perkembangan di bidang bahasa dan sastra,terutama dengan lahirnya kelompok punjagga baru.
Hingga saat ini Bahasa Indonesia merupan bahasa Nasional Republik Indonsia yang wajib digunakan di kawasan Republik Indonesia. Bahasa Indonesia memiliki kedudukan  dan fungsi yang di jadikan perdoman Bangsa Indonesia. Kedudukan dan fungsi Bahasa Indonesia yaitu,
1.      Sebagai lambang kebanggaan nasional, bahasa Indonesia mencerminkan nilai-nilai sosial budaya yang mendasari rasa kebangsaan kita.
2.      Sebagai lambang identitas nasional, bahasa Indonesia merupakan lambang bangsa Indonesia seperti layaknya bendera kita yang harus kita junjung tinggi sebagai lambang Negara. Bangsa Indonesia telah memiliki bahasa identitas sediri yaitu bahasa Indonesia yang mana tidak setiap Negara berani memiliki bahasanya sendiri sebagai identitas diri.
3.      Sebagai alat perhubungan antarwarga, antardaerah, dan antarbudaya. Bahasa Indonesia membuat seluruh bangsa Indonesia dapat hidup berdampingan antarsuku tanpa perlu terjadi kekhawatiran terjadi kesalahpahaman dalam berkomunikasi. Dengan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional ini setiap warga Indonesia dapat tinggal atau menjelajahi seluruh wilayah Indonesia.
4.      Sebagai alat yang memungkinkan penyatuan berbagai suku bangsa dengan latar belakang sosial budaya dan bahasanya masing-masing ke dalam kesatuan kebangsaan Indonesia, bahasa Indonesia ditempatkan sebagai sarana menjembatani terjadinya kesatuan bangsa yang terdiri atas banyak sekali suku bangsa yang memiliki watak, budaya, dan kesukuan masing-masing. Dengan bahasa Indonesia memungkinkan masyarakat Indonesia yang beragam latar belakang sosial budaya dan berbeda-beda bahasanya dapat menyatu dan bersatu dalam kebangsaan, cita-cita, dan rasa nasib yang sama. Dengan bahasa nasional bahasa Indonesia setiap warga Negara akan memiliki kecintaan dan dapat meletakkan kepentingan bangsa di atas kepentingan daerah atau golongan.
5.      Sebagai alat ekspresi diri
Mampu mengungkapkan gambaran,maksud ,gagasan, dan perasaan. Melalui bahasa kita dapat menyatakan secara terbuka segala sesuatu yang tersirat di dalam hati dan pikiran kita. Ada 2 unsur yang mendorong kita untuk mengekspresikan diri, yaitu:
·         Agar menarik perhatian orang lain terhadap diri kita.
·         Keinginan untuk membebaskan diri kita dari semua tekanan emosi.
6.      Sebagai alat komunukasi
Bahasa merupakan saluran maksud seseorang, yang melahirkan perasaan dan memungkinkan masyarakat untuk bekerja sama. Komunikasi merupakan akibat yang lebih jauh dari ekspresi diri. Pada saat menggunakan bahasa sebagai komunikasi,berarti memiliki tujuan agar para pembaca atau pendengar menjadi sasaran utama perhatian seseorang. Bahasa yang dikatakan komunikatif karena bersifat umum. Selaku makhluk sosial yang memerlukan orang lain sebagai mitra berkomunikasi, manusia memakai dua cara berkomunikasi, yaitu verbal dan non verbal. Berkomunikasi secara verbal dilakukan menggunakan alat/media bahsa (lisan dan tulis), sedangkan berkomunikasi cesara non verbal dilakukan menggunakan media berupa aneka symbol, isyarat, kode, dan bunyi seperti tanda lalu lintas,sirene setelah itu diterjemahkan kedalam bahasa manusia.
7.      Sebagai alat integrasi
Pada saat beradaptasi dilingkungan sosial, seseorang akan memilih bahasa yang digunakan tergantung situasi dan kondisi yang dihadapi. Seseorang akan menggunakan bahasa yang non standar pada saat berbicara dengan teman- teman dan menggunakan bahasa standar pada saat berbicara dengan orang tua atau yang dihormati. Dengan menguasai bahasa suatu bangsa memudahkan seseorang untuk berbaur dan menyesuaikan diri dengan bangsa.

8.      Sebagai kontrol sosial
Yang mempengaruhi sikap, tingkah laku, serta tutur kata seseorang. Kontrol sosial dapat diterapkan pada diri sendiri dan masyarakat, contohnya buku- buku pelajaran, ceramah agama, orasi ilmiah, mengikuti diskusi serta iklan layanan masyarakat. Contoh lain yang menggambarkan fungsi bahasa sebagai alat kontrol sosial yang sangat mudah kita terapkan adalah sebagai alat peredam rasa marah. Menulis merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk meredakan rasa marah kita.
Di jaman sekarang ini Bahasa Indonesia kurang di perhatikan oleh masyarakat Indonesia modern. Masyarakat Indonesia modern cenderung menggunakan Bahasa Indonesia dengan asal – asalan, yang terpenting maksud dari si pembicara tersampaikan. Terlebih lagi anak muda jaman sekarang lebih memilih menggunakan bahasa gaul dan Bahasa Inggris, akibatnya banyak anak muda jaman sekarang tidak tahu Bahasa Indonesia yang sesuai dengan EYD ( Ejaan Yang Disempurnakan ).
Semakin berkembangnya jaman kedudukan dan fungsi Bahasa Indonesia semakin berubah, seperti halnya Bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu berbagai suku bangsa dengan latar belakang sosial budaya dan bahasa. Sekarang, fungsi Bahasa Indonesia tersebut sudah hampir hilang. Bagaimana tidak, sudah banyak terjadi perselisihan antar suku dan bahkan menyebabkan perang antar suku. Bahkan persatuan kesatuan Bangsa Indonesia saat ini sangat lemah, ini membuktikan bahwa hilangnya beberapa kedudukan dan fungsi dari Bahasa Indonesia.
Seharusnya dengan bahasa Indonesia memungkinkan masyarakat Indonesia yang beragam latar belakang sosial budaya dan berbeda-beda bahasanya dapat menyatu dan bersatu dalam kebangsaan, cita-cita, dan rasa nasib yang sama. Dengan bahasa nasional bahasa Indonesia setiap warga Negara akan memiliki kecintaan dan dapat meletakkan kepentingan bangsa di atas kepentingan daerah atau golongan. Namun, sekarang kenyataannya sudah berbeda. Pernyataan terserbut sepertinya sudah diabaikan masyarakat Indonesia modern. Rasa cinta terhadap bahasa Indonesia lama kelamaan sudah hampir hilang di masyarakat Indonesia modern. Semakin berkurangnya rasa cinta bahasa Indonesia berdampak kepada fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia.
Kita sebagai generasi muda bangsa indonesia seharusnya mempertahankan bahasa kita sendiri, yang sudah ada sejak nenek moyang kita terdahulu. Jika kita mulai melupakan dan mulai tidak memperhatikan bahasa Indonesia yang merupakan bahasa kebanggaan kita sendiri, maka di masa depan nanti bahasa Indonsia akan punah dan tidak ada yang memakainya lagi.

SIMPULAN
Bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh ucapan manusia. Bahasa Indonesia merupan bahasa Nasional Republik Indonsia yang wajib digunakan di kawasan Republik Indonesia. Bahasa Indonesia memiliki kedudukan  dan fungsi yang di jadikan perdoman Bangsa Indonesia. Kedudukan dan fungsi Bahasa Indonesia yaitu,
1.      Sebagai lambang kebanggaan nasional
2.      Sebagai lambang identitas nasional,
3.      Sebagai alat perhubungan antarwarga, antardaerah, dan antarbudaya
4.      Sebagai alat yang memungkinkan penyatuan berbagai suku bangsa dengan latar belakang sosial budaya dan bahasanya masing-masing.
5.      Sebagai alat ekspresi diri
6.      Sebagai alat komunukasi
7.      Sebagai alat integrasi
8.      Sebagai kontrol sosial
Di jaman sekarang ini bahasa Indonesia telah menjadi bahasa modern yang digunakan dan dipelajari tidak hanya di seluruh Indonesia tetapi juga di Negara lain. Meski demikian, masih banyak juga penduduk Indonesia yang tidak menggunakannya sebagai bahasa ibu, mereka lebih suka menggunakan bahasa daerahnya masing-masing sebagai bahasa ibu seperti bahasa Makassar, bahasa Mandar, bahasa Jawa, bahasa Bugis, dan bahasa daerah lainnya. Bahkan anak muda jaman sekarang lebih memilih menggunakan bahasa gaul dan juga bahasa Inggris daripada Bahasa Indonesia.

0 comments: