Wednesday, April 9, 2014






Media Analog
Media analog adalah suatu bentuk media dari komunikasi elektronik yang merupakan proses pengiriman informasi pada gelombang elektromaknetik, dan bersifat variabel dan berkelanjutan atau disebut juga dengan sinyal analog. Pada dasarnya analog merupakan perkembangan teknologi yang masih menggunakan sistem yang manual, dalam artian belum sepenuhnya dapat bekerja secara otomatis seperti pada teknologi digital. Media analog pada dasarnya hanyalah alat yang sederhana dengan program tertentu saja. Media Analog menggunakan  proses pengiriman sinyal dalam bentuk gelombang. Misalnya ketika seseorang berkomunikasi dengan menggunakan telepon, maka suara yang dikirimkan melalui jaringan telepon tersebut dilewatkan melalui gelombang. Dan kemudian, ketika gelombang ini diterima, maka gelombang tersebutlah yang diterjemahkan kembali ke dalam bentuk suara, sehingga si penerima dapat mendengarkan apa yang disampaikan oleh pembicara lainnya dari komunikasi tersebut.
contoh alat:
1.      radio komunikasi (handitalky)
2.      intercom
3.      mikrofon
4.      remot tv

Media Digital
Digital sering di asosiasikan dengan penggunaan kode binary dalam komputer dan peralatan elektronik lainnya. Dengan melihat definisi tersebut maka hal yang bisa di sebut digital diantaranya, Kode asap orang indian kuno, kode morse, braile, kode DNA, bahkan kode bendera Semaphore juga bisa dibilang digital. Digital device atau media digital ialah alat yang fungsi utamanya digunakan untuk mengambil (capture), menampilkan (showing), menyimpan (saving), mengolah (processing), dan mewadahi interaksi dari suatu informasi atau data tertentu berdasarkan kode digital binary. Media digital juga dapat dilihat dari pengoperasionalnya tidak lagi banyak menggunakan tenaga manusia, tetapi lebih cenderung pada sistem pengoperasian yang serba otomatis dan canggih dengan sistem komputerisasi / format yang dapat dibaca oleh komputer. Hal tersebut dapat lebih memudahkan dalam setiap pekerjaan terutama yang berhubungan dengan sesuatu perkembangan teknologi.
contoh :
1. Komputer Desktop, laptop
2. Cellular phone
3. Game portable, NDS, PSP, Game boy
4. Calculator
5. GPS Modem/handheld
6. MP3 player, ipod, etc
7. Photo Camera Digital
8. CD
9. Internet

CONTOH PENGEMBANGAN MEDIA ANALOG KE MEDIA DIGITAL
1) Timer Elektronik
Pada pertandingan olahraga, pen-capaian waktu yang dicapai sangat penting, misalnya dapat Anda lihat pada pertandingan olahraga lari. Waktu yang dicapai oleh para atlet ditentukan dengan menggunakan stopwatch yang dioperasikan secara manual. Peng-operasian secara manual yang sudah   dilakukan oleh manusia setelah  lama sudah dianggap kurang teliti. Oleh karena itu, sekarang penentuan waktunya sekarang diukur secara elektronik. Cara kerja pencacat waktu yaitu, sebagai tanda dimulainya sebuah pertandingan lari dilakukan dengan tembakan pistol dan pada saat yang sama terdapat sakelar yang bekerja dan menyebabkan rangkaian jam (timer) mulai bekerja. Timer akan berhenti saat pelari melewati sinar atau cahaya yang tepat berada di garis finish dan jatuh tepat pada sebuah sensor cahaya.

2) Penanak Nasi Otomatis
Di banyak negara tropis, nasi adalah makanan utama.  Memasak nasi dengan baik tidaklah mudah karena tidak boleh gosong, tetapi harus cukup matang. Oleh karena itu, banyak rumah tangga yang menggunakan penanak nasi listrik. Cara kerjanya yaitu, nasi dimasukkan ke dalam penanaknya dengan jumlah air yang cukup. Dengan meng-ON-kan sakelarnya, pemanas listrik dinyalakan. Bila nasi telah masak dan airnya menguap, suhunya akan cepat naik dan akan diukur oleh sensor suhu, kemudian akan mematikan elemen pemanasnya.

3) Pengendali Lampu Malam
Sangatlah menyenangkan dan terasa lebih nyaman apabila di sekeliling rumah kita terdapat lampu penerangan. Dengan adanya lampu penerangan tersebut, kita dapat melihat siapa yang datang ke rumah kita, terutama di malam hari. Lampu penerangan seperti itu dulu dinyalakan atau dimatikan secara manual. Namun sekarang dapat dilakukan secara otomatis. Lampu akan menyala kalau mulai gelap, dan akan padam kalau mulai terang lagi. Hal ini mudah dilakukan dan dengan cara seperti ini dapat menghemat energi. Hal ini karena lampunya dapat menyala dan padam dengan sendirinya meskipun tidak ada orang di rumah.

4) Alarm Pendeteksi Kebakaran
Di sekolah Anda mungkin perlu dipasang alarm pendeteksi kebakaran (sistem pemberitahuan dini bila terjadi kebakaran) yang dapat bekerja secara otomatis. Kebakaran dapat terjadi dimana saja. Dapat mengakibatkan korban jiwa dan banyak kerugian. Kita juga dapat mencegah bahaya seperti ini jika telah dilakukan tindakan pengamanan sedini mungkin, yaitu dimana sumber api penyebab kebakaran dapat segera diketahui maka kerugian dapat diatasi. Untuk itu telah dikembangkan alat peringatan dini untuk kebakaran (alarm pendeteksi kebakaran). Kebakaran dapat dilihat dan dirasakan. Dengan sebuah sensor, temperatur dan asap dapat dideteksi. Dengan mendeteksi kenaikkan temperatur pada sensor suhu secara elektronik maka kita dapat segera mencegah bahaya kebakaran.

5) Alarm Anti Pencuri
Untuk keamanan gedung seperti perkantoran, pertokoan, dan perumahan dapat digunakan penjaga (Satpam). Namun hal ini akan memakan biaya yang tidak sedikit dan tidak semua orang mampu membayarnya. Untuk mencegah  pencuri agar tidak masuk ke rumah penjagaan dapat dilakukan juga dengan bantuan alat sensor elektronik. Pada saat pencuri akan masuk ke dalam ruangan/tempat tertentu akan terdeteksi oleh sensor yang dipasang, maka akan ada sinyal yang dapat membunyikan alarm (tanda bahaya). Sistem ini dapat diatur bila pemilik rumah sedang tidak ada ditempat. Pada tempat-tempat yang diduga  dapat dimasuki pencuri dipasang cahaya yang mengarah ke sensor cahaya. Selain itu, sistem keamanan ini harus dapat dihidupkan dan dimatikan.

6) Alat Pengering Tangan Otomatis
Di hotel dan restoran sering ditemukan alat pengering tangan listrik. Anda mungkin sudah pernah melihat dan mencobanya. Alat ini mengeluarkan udara panas saat Anda menempatkan tangan dibawah alat tersebut. Tanpa menyentuh alatnya ternyata alat ini dapat bekerja. Jadi, di dalamnya pasti terdapat sensor. Alat ini dihidupkan oleh sebuah sakelar manual. Blower udara panas akan mulai bekerja bila cahaya yang mengarah ke sensornya terganggu akibat terdapat benda yang menghalanginya. Hal ini terjadi bila Anda menempatkan tangan dibawah alat tersebut.

0 comments: