Wednesday, April 9, 2014





VIDEO STREAMING
Dalam kamus streaming berarti pengaliran atau mengalirkan,. Dalam dunia Internet, streaming lebih mengacu kepada sebuah teknologi yang mampu mengkompresi atau menyusutkan ukuran file audio dan video agar mudah ditransfer melalui jaringan Internet. Pentransferan file audio dan video tersebut dilakukan secara “stream”, alias terus menerus. Dari sudut pandang prosesnya, streaming berarti sebuah teknologi pengiriman file dari server ke klien melalui jaringan packet-based semisal Internet. File tersebut berupa rangkaian paket time-stimped yang disebut stream. Sedangkan dari sudut pandang pengguna, streaming adalah teknologi yang memungkinkan suatu file dapat segera dijalankan tanpa harus menunggu selesai didownload dan terus “mengalir” tanpa ada intrupsi.
Streaming merupakan sebuah teknologi yang digunakan untuk memainkan sebuah file audio maupun video yang secara langsung maupun dengan prerecord yang berada di web server. File - File audio maupun video ini diletakkan di sebuah server komputer yang dapat secara langsung diakses di komputer client atau komputer kita masing-masing melalui koneksi internet, sesaat setelah ada permintaan dari pengguna sehingga proses download file tersebut yang menghabiskan waktu cukup lama dapat dihindari.
Ketika file-file tersebut di-stream maka akan terbentuklah sebuah "buffer" di komputer client dan pada waktu itu data audio atau video tersebut akan mulai di-download ke dalam buffer yang telah terbentuk pada mesin client. Setelah buffer terisi dalam waktu hitungan detik, maka secara otomatis file video ataupun audio akan di jalankan oleh sistem. Sistem akan membaca informasi dari buffer sambil tetap melakukan proses download file sehingga proses streaming tetap berlangsung ke mesin client. Delay waktu sesaat sebelum file video atau audio di jalankan berkisar antara 5 sampai dengan 30 detik.
Keuntungan dari teknik streaming yaitu, penghematan data di harddisk meskipun berulang kali ditonron. File – file tersebut tetap tersimpan dalam server dan tidak perlu mengunduh secara likal walaupun tetap dapat diunduh dan dijadikan arsip file video dan audio pada harddisk. Streaming juga membutuhkan bandwidth yang lebih sedikit daripada download biasa karena pengguna tidak harus men-download video secara keseluruhan. Keuntungan lainnya yaitu, Pengguna yang sedang melihat video bisa meloncat ke waktu tertentu dalam video tanpa harus menunggu buffering video secara keseluruhan dan proses streaming ke banyak klien dapat dilakukan dari satu jalur streaming.
Kendala-Kendala  Proses Streaming 
·         Bandwidth
Bandwidth sangat berpengaruh terhadap kualitas presentasi suatu data stream. Di samping kondisi jaringan  juga mempengaruhi bandwidth, hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran data  stream harus sesuai dengan kapasitas bandwidth jaringan. Untuk mengatasinya digunakan kompresi data dan penggunaan buffer.
·         Sinkronisasi dan delay
Agar media yang berbeda sampai dan dipresentasikan pada user seperti aslinya, maka media  tersebut harus tersinkronisasikan sesuai dengan timeline presentasi tersebut  dan delay seminimal mungkin. Adanya kerugian sinkronisasi dan delay dapat disebabkan oleh  kondisi jaringan yang buruk, sehingga mengakibatkan timeline presentasi menjadi kacau.

Beberapa layanan jasa video dan audio streaming yaitu,
·      YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Pengguna tak terdaftar dapat menonton video, sementara pengguna terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah tak terbatas. Video-video yang dianggap berisi konten ofensif hanya bisa ditonton oleh pengguna terdaftar berusia 18 tahun atau lebih.
·     Metacafe, situs streaming yang berkantor pusat di California ini menggunakan basis video sharing komunitas web. Pada fiturnya terdapat penyaringan kontern – kontern yang mengandung pornografi sehingga aman diakses oleh anak – anak di bawah umur.
·      Revver, situs berbagi layana video streaming ini menempelkan iklan pada klip video yang diakses penggunanya. Videonya dapat ditampilkan, diunduh dan dapat berbagi dengan teman yang lain seperti melewati jejaring sosial Facebook dan Twitter.
·    Metatube, menyajikan berbagai jenis video dan audio streaming yang dapat ditonton secara online. Tampilan yang simple dan menarik membut keunikan tersendiri mengunjungi situs web ini.
Dari pengertian yang dapat disimpulkan bahwa streaming merupakan proses pengiriman data kontinyu atau secara terus-menerus, yang dilakukan secara broadcast melalui internet untuk ditampilkan ke aplikasi streaming pada computer, dan streaming pun bisa dilakukan secara live atau real time, juga tidak langsung atau on-demand.

0 comments: